Cara Riset Keyword Terbaru Dan Termudah 2020 : Riset Kata Kunci

By | April 16, 2020

Riset Keyword, ya, itu salah satu cara para penulis blog yang ingin membuat artikel atau tulisannya bisa tambil di halaman pertama dari pencarian search engine.

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya Riset Keyword ini agar tepat sasaran sehingga artikel kita bisa naik ke halaman pertama.

Tapi sebelum itu kita harus tau dulu apa itu keyword, apa saja jenis-jenis keyword, dan apa yang harus diperhatikan dalam riset keyword.

perhatikan pengertian keyword dibawah ini:

Apa itu Keyword?

Keyword atau dalam bahasa indonesia-nya kata kunci adalah sebuah kata atau sesuatu yang dimasukkan user kedalam kolom pencarian dimesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. yang bertujuan untuk mendapatkan apa yang mereka cari dengan akurat.

Fungsi Keyword

Fungsi Keyword adalah untuk mencari sebuah kata yang diketik user ke mesin pencari agar menemukan sebuah artikel ataupun sebuah video yang berhubungan dengan apa yang diketik.

Jenis-Jenis Keyword

  1. Short Tail Keyword
    Short Tail Keyword adalah sebuah keyword yang terdiri dari satu atau dua suku kata.
  2. Long Tail Keyword
    Long Tail Keyword adalah sebuah keyword versi panjang yang terdiri lebih dari dua suku kata.
  3. Keyword Abadi
    Keyword Abadi adalah sebuah keyword yang sering dicari orang seperti “obat sakit perut”, ini merupakan jenis keyword yang akan bertahan lama.
  4. Keyword Musiman
    Keyword Musiman adalah sebuah keyword yang hanya bergantung dari sesuatu informasi yang sedang populer atau yang sedang ramai dibicarakan, namun keyword ini hanya bertahan sesaat.

Cara Riset Keyword dengan Ubersugest

Riset Keyword dengan menggunakan Ubersugest dari neilpatel ini bisa menjadi salah satu alternatif kita untuk melihat persaingan dan menganalisa kompetitor kita.

  1. Buka Ubersugest, klik disini
    Masukkan keyword yang akan di riset persaingannya kedalam kolom pencarian, kemudian ubah bahasa yang ingin di target, Apabila konten kamu menggunakan Bahasa Indonesia pilih Bahasa Indonesia.
  2. Klik, View All Keyword Ideas
    Disini kamu akan melihat beberapa keyword yang bisa kamu gunakan untuk menaikkan ranking blog kamu.

Hal yang perlu diperhatikan saat Riset Keyword

Untuk riset keyword kita perlu memperhatikan beberapa point penting agar nantinya keyword yang kita incar tepat sasaran.

  1. Volume Pencarian
    Hal ini berkaitan dengan seberapa sering kata kunci yang kita riset itu dicari dalam waktu sebulan. Misal, kita meriset keyword yang volume pencariannya 1000, maka keyword yang di riset tadi dicari 1000 orang dalam sebulan.
  2. Tingkat Kesulitan Keyword
    Jika kamu memulai blogmu yang masih berumur muda 3-6 Bulan, akan sangat sulit jika kamu menarget keyword yang tingkat nya itu sulit. Disarankan untuk kamu memilih keyword yang mudah saja, kamu bisa lihat diatas di jenis-jenis keyword.
  3. Keyword yang di sarankan
    Ketika kamu mencari sesuatu dengan dua kata dikolom pencarian, maka kamu akan melihat beberapa saran pencarian, nah itu bisa kamu manfaatkan untuk keyword yang mau kamu target.

Itulah yang bisa di jelaskan tentang cara riset kata kunci atau keyword yang saya ketahui. Kamu bisa praktikan cara ini jika kamu merasa artikel ini bisa menjadi tolak ukur cara riset keyword.

 6 total views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *